ILA Menghilangkan Rasa Nyeri Pada Proses persalinan

ILA Menghilangkan Rasa Nyeri Pada Proses persalinan

ILA Menghilangkan Rasa Nyeri Pada Proses persalinan

Nyeri Pada Saat Proses Persalinan
Memiliki buah hati adalah impian sebagian besar perempuan. Bahkan ada pepatah yang berkata melahirkan seorang anak melengkapi kodrat manusia sebagai seorang perempuan. Tentunya untuk menggapai impian memiliki buah hati perlu proses yang tidak mudah. Dari proses mengandung selama sembilan bulan hingga proses persalinan. Acap kali bagi beberapa perempuan, proses persalinan adalah momok yang menakutkan. Hal tersebut dapat dikarenakan gambaran proses persalinan yang harus merasakan rasa sakit yang luar biasa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat nyeri pada proses persalinan. Antara lain:
Intensitas durasi nyeri
Resistensi dilatasi serviks
Regangan perineum
Disproporsi Caphalo Pelvic
Posisi kepala janin oksipito posterior yang menimbulkan nyeri punggung hebat pada ibu.
kelelahan, anemia, malnutrisi yang mempengaruhi toleransi ibu terhadap rasa nyeri.

Intrathecal Analgesia Labour
Dengan semakin berkembangnya teknologi dalam bidang kesehatan, para ibu tidak perlu mengkhawatirkan rasa nyeri pada proses persalinan. Saat ini ada proses yang dapat menghilangkan rasa nyeri selama proses persalinan. Intrathecal Analgesia Labour atau ILA adalah salah satu produk layanan unggulan di RSIA Permata Serdang. TIndakan ILA adalah menyuntikan obat penghilang nyeri ke urat syaraf di tulang belakang bagian bawah, sehingga mampu menghilangkan rasa nyeri. ILA tidak mengurangi kemampuan ibu mengedan, justri memberikan rasa nyaman pada saat mengedan, karena tidak disertai rasa nyeri.

Prosedur Melahirkan Dengan ILA
Tindakan ILA dilakukan setelah diagnosa persalinan telah ditegakkan dan pasien telah meminta untuk meredakan nyeri persalinannya. 
Tindakan dilakukan oleh Dokter Anastesi dengan menyuntikan obat ke dalam cairan saraf tulang belakang.  Cairan inilah yang menghilangkan rasa sakit.
Obat disuntikkan ke punggung ketika posisi ibu duduk atau berbaring miring. Obat hanya bekerja pada satu saraf, sehingga tidak terserap ke pembuluh darah dan masuk ke dalam tubuh bayi.
Penyuntikan obat dilakukan saat persalinan mulai masuk pada tahap pembukaan empat.
Setelah obat bekerja, baisanya ibu akan merasa otot-otot tungkainya kebas dan lemas. namun tetap dalam keadaan sadar.

Manfaat ILA
Efektif menghilangkan nyeri persalinan selama kala 1 dan 2 persalinan
Memfasilitasi kerjasama pasien selama persalinan dan kelahiran
Anastesi untuk tindakan episiotomi atau peEfrsalinan pervagina dengan tindakan operatif (PPTO)
Tidak menyebabkan depresi napas, baik pada janin maupun ibu yang disebabkan oleh obat-obatan yang digunakan untuk mengontrol atau menghilangkan rasa nyeri.

Efek Samping ILA
Memperpanjang kala 1 dan 2 persalinan
Penurunan tekanan darah
Pusing dan mual
Gatal-gatal ringan

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar